PHP - Mengnal Variabel pada PHP

Assalamualaikum wr. wb


Pada keempatan kali ini saya akan membahas tentang Variabel yang digunakan pada bahasa pemograman php.

1. Latar Belakang
    Variabel dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah bahasa pemograman. Karena melalui variabel inilah kita memanipulasi data inputan agar menjadi nilai yang diinginkan. Selain variabel, PHP juga menyediakan sebuah solusi lain untuk menampung nilai data dengan konstanta (constant).

2. Maksud Tujuan
    Mempelajari dan memahami kegunaan variable dalam PHP agar lebih paham dalam meimplementasikannya.

3. Pembahasan

    Apa itu Variable..? 

    Dalam pemograman, Variabel adalah suatu lokasi penyimpanan (di dalam memori komputer) yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tidak diketahui maupun telah diketahui.
Dalam defenisi bebasnya, Variabel adalah kode program yang digunakan untuk menampung nilai tertentu. Nilai yang disimpan di dalam variabel selanjutnya dapat dipindahkan ke dalam database, atau ditampilkan kembali ke pengguna.
Nilai dari variabel dapat di isi dengan informasi yang diinginkan dan dapat dirubah nilainya pada saat kode program sedang berjalan. Sebuah variabel memiliki nama yang digunakan untuk mengakses nilai dari variabel itu. Jika anda memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pemograman, tentunya tidak asing dengan istilah variabel.
Sama seperti variabel dalam bahasa pemograman lainnya, variabel dalam PHP digunakan untuk menampung nilai inputan dari user, atau nilai yang kita definisikan sendiri.
Namun PHP memiliki beberapa aturan tentang cara penggunaan dan penulisan variabel.
    Sifat Variabel yaitu penyimpanan data dengan sementara.
  • Pada Variabel ada 2 bagian yang cukup penting :
1. Deklarasi,Berfungsi untuk memperkenalkan/mendaftarkan variabel kedalam program.sesuai dengan aturan penamaan dan penulisannya.
2. Inisialisasi,Berfungsi untuk mengisi nilai pertama ke dalam variabel.
  • Aturan Penulisan Variabel :
1. Variabel diawali dengan tanda "$"
     Setelah tanda $, sebuah variabel PHP harus diikuti dengan karakter pertama berupa huruf atau underscore (_), kemudian untuk karakter kedua dan seterusny bisa menggunakan huruf, angka atau underscore (_). Dengan aturan tersebut, variabel di dalam PHP tidak bisa diawali dengan angka.

2. Variabel dalam PHP bersifat case sensitif
    Artinya, bahwa untuk penamaan variabel huruf kapital atau huruf kecil itu tidak sama.sehingga $belajar tidak sama dengan $Belajar dan $BELAJAR, ketiganya akan dianggap sebagai variabel yang berbeda.
    Untuk menghindari kesalahan program yang dikarenakan salah merujuk variabel, disarankan menggunakan huruf kecil untuk seluruh nama variabel. 


3. Cara Memberikan Nilai kepada Variabel
Sama seperti sebagian besar bahasa pemograman lainnya, untuk memberikan nilai kepada sebuah variabel, PHP menggunakan tanda sama dengan (=). Operator ‘sama dengan‘ ini dikenal dengan istilah Assignment Operators.
Perintah pemberian nilai kepada sebuah variabel disebut dengan assignment. Jika variabel tersebut belum pernah digunakan, dan langsung diberikan nilai awal, maka disebut juga dengan proses inisialisasi. seperti yang sudah dijelaskan diatas .


4. Variabel dalam PHP tidak memerlukan deklarasi terlebih dahulu.
Jika teman-teman pernah mempelajari bahasa pemograman desktop seperti Pascal, C, C++, dan Visual Basic, di dalam bahasa pemograman tersebut, sebuah variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan.
Namun di dalam PHP, variabel tidak perlu deklarasikan terlebih dahulu. Anda bebas membuat variabel baru di tengah-tengah kode program, dan langsung menggunakannya tanpa di deklarasikan terlebih dahulu.

  • Contoh penulisan variabel:
<?php
  $tes;
  $_tes; 
  $dua_kata;
  $yes12345;
  $wiro212sinto454;
  echo"Apabila teks ini berhasil tampil,<br><br>
        maka semua pemberian nama variabel sudah benar:";

?>
Teman - teman bisa langsung mencoba script diatas pada sublime/text editor lainnya kemudian dibuka dibrowser. 
     
4. Kesimpulan 
     Kesimpulannya adalah bahwa dalam penggunaan variabel tersebut bersifat sementara dan penulisannya pun sangat diperhatikan.

5. Referensi
  • http://imdi15.blogspot.co.id/2014/05/fungsi-echo-post-dan-get-pada-php-serta.html
  • http://w3function.com/blog/index.php?p=det&idn=25
Sekian apa yang dapat saya sampaikan , semoga dapat menambah pengetahuan teman - teman .
Terimakasih,Wassalamualaikum wr.wb
Previous
Next Post »