PHP - Perbedaan Fungsi ECHO dan PRINT

Assalamualaikum wr.wb

Setelah kemarin saya membahas perbedaan antara $POST dan $GET pada kesempatan kali ini saya juga akan membahas tentang hal yang memiliki fungsi sama tetapi memliki perbedaan yang sangat penting diketahui oleh teman - teman. Hal yang saya akan bahas adalah perbedaan Fungsi "echo" dan "print" pada PHP.

1. Latar belakang
    Dalam pembuatan sebuah program, sering kali kita membutuhkan banyak fungsi atau perintah yang digunakan berulang-ulang. Misalnya perintah untuk menampilkan hasil output, perintah pengulangan data, kondisi, dan masih banyak lagi.
Untuk menampilkan hasil output, sering digunakan fungsi echo dan print Namun ternyata masih banyak juga teman-teman yang belum mengetahui secara persis perbedaan dari fungsi-fungsi tersebut.

2. Maksud Tujuan 
    Mengetahui perbedaan dan fungsi dari echo dan print yang memiliki fungsi yang sama tetapi memiliki karakteristik yang berbeda agar dapat lebih paham dan menggunakan sesuai fungsinya.

3. Pembahasan
     Pada umumnya perintah - perintah tersebut digunakan untuk mencetak output pada browser. tetapi masing-masing memiliki fungsi yang lebih spesifik lagi.
        Pada PHP untuk menghasilkan suatu output sebuah argument ada echo dan print yang dapat digunakan.tetapi kedua tersebut memiliki perbedaan dari fungsi kegunaannya.

Langsung saja akan saya jelaskan apa perbedaan echo dan print:

    1. Echo 
    Fungsi echo digunakan untuk menampilkan hasil output sebanyak satu atau lebih data yang dipisahkan dengan tanda koma (,) pada browser.
Perintah echo() secara pengoperasiannya sama dengan print(), namun terdapat 2 buah perbedaan. Pertama, tidak dapat digunakan untuk suatu bagian dari sebuah ekspresi yang kompleks, karena return echo adalah void, sementara return print adalah Boolean.
Contoh : 

           <?php
            $perintah1="echo"; \
            $perintah2="print";
            echo "Saya sedang mempelajari perbedaan dari" ,$perintah1, "dan" ,$perintah2, "menurut fungsinya";
           ?>

   2. Print 
   Fungsi print memiliki fungsi yang sama dengan echo, namun print hanya mampu menampilkan data tunggal (hanya satu data).
Perintah print() berguna untuk menampilkan suatu feedback sesuai dengan argument yang di kirim kepada user, dan print() juga dapat menampilkan antara string dan variable secara bersamaan.
contoh : 

* Print menampilkan data tunggal
           <?php
            print("<p> Saya sedang mempelajari perbedaan echo dan print menurut fungsinya.</p>");
              ?>


 *Print menampilkan data tunggal berupa string dan sekaligus variabel
               <?php
               $perintah1="echo_dan_print";
               print"<p>Saya sedang mempelajari perbedaan $perintah1</p>
               ?>

5. Kesimpulan
    Kesimpulannya bahwa echo dan print memiliki kegunaan yang sama untuk menampilkan output tetapi kegunaan tersebut memiliki fungi yang lebih spesifik.

6. Referensi 
  •     http://www.tuliskode.com/mengenal-fungsi-print-dan-echo-pada-php/
  •     http://www.dumetschool.com/blog/Perbedaan-Fungsi-Echo-Print-Dan-Printf-Pada-PHP

Previous
Next Post »