Menghubungkan HTML dengan CSS



Assalamualaikum wr,wb
  Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana menghubungkan HTML dengan CSS. 

Tutorial Menghubungkan HTML Dengan CSS ini merupakan tutorial yang bisa dibilang penting. Karena jika kita tidak dapat menghubungkan HTML dengan CSS secara otomatis kita tidak mengetahui bagaimana cara untuk mendesain halaman website yang kita buat karena file HTML tidak terhubung dengan CSS. Bukan hanya CSS, tetapi PHP juga

CARA MENGHUBUNGKAN HTML DENGAN CSS
Untuk Cara Menghubungkan HTML Dengan CSS saya kira sangat mudah. Gunakan tag <link> untuk menghubungkan HTML dengan CSS.
Tag link di letakkan pada bagian element head pada struktur HTML.
Silahkan perhatikan contoh berikut :

Langkah :
1. Dari contoh dibawah ini saya membuat tag link yang berfungsi untuk menghubungkan file html/php dengan file CSS yang kita inginkan.

tag link
 Atribut rel="stylesheet" dan type="text/css" merupakan deklarasi untuk menjelaskan bahwa file yang kita panggil atau hubungkan adalah file stylesheet atau CSS. dan href:"style.css" merupakan nama halaman yang berisi script css yanga akan dihubungkan dengan file html/php.
   Script di atas : Jika kita run di web browser maka tidak muncul apa - apa karena HTML hanya berisi struktur dasar dan belum terisi element apapun. Untuk mencoba apakah file CSS sudah terhubung dengan file HTML kita maka akan kita cek dengan cara berikut ini.
Kita buat contoh sederhana dengan cara membuat element heading, heading 1. heading 2 dan heading 3. dan kemudian kita beri warna text heading 1 dengan warna merah, heading 2 dengan warna biru dan heading 3 dengan warna hijau.

2. Sebelum ke script CSS-nya kita buat duu halaman yang berisi script html/php

Script html
 Pada Script diatas, tedapat h1,h2,h3 yang merupakan script yang akan dihubungkan dengan CSS.

3. Script CSS
style css
Pada Style CSS, merupakan script yang menuliskan style yang akan dihubungkan dengan script HTML/PHP

4. Hasil Setelah di buka di browser

hasil
 File HTML berhasil dihubungkan dengan CSS terbukti dengan berhasilnya syntax CSS yang kita buat mengatur element heading 1,2,3. Syntakt color diatas merupakan perintah untuk menetapkan warna font/text, font-family untuk mengatur text apa yang kita gunakan, dan text-align berfungsi untuk mengatur rata text dan pada tutor ini kita gunakan text rata tengah. Syntax CSS diatas merupakan syntax CSS paling dasar.

Sekian , semoga dapat menambah pengetahuan teman - teman
Terimakasih Wassalamulaikum wr.wb
Previous
Next Post »