Mengenal Toko Online

Assalamualaikum wr.wb



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan mengupas tuntas tentang toko online.. what is Online shopping? dll.

1. Latar Belakang 
        Dari segi bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, Toko dan Online. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya).  Sedangkan online yang terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan  menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Jadi berangkat dari dua pengertian secara bahasa tersebut kita dapat mengartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet.
Konsep  online shopping atau Toko online menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang tradisional. Selain proses transaksi  bisa menjadi  lebih  cepat,  di  internet  telah disediakan  hampir  semua  barang yang  biasanya  dijual  secara lengkap Dunia internet  juga menjadi sumber inspirasi bagi penulis untuk membuat toko online ini. Penulis menyadari adanya beberapa keuntungan dari membuat toko online ini  yaitu biaya lebih murah karena tidak perlu tanpa harus menyewa toko.
Maka dari itu, toko online sangat berguna bagi orang yang suka berbelanja namun tidak mempunyai waktu yang banyak untuk berbelanja secara langsung dengan mengunjungi toko sebenarnya.

2. Maksud Tujuan 
    Mengimplementasikan materi ajar yang telah dipelajari dan mempelajari lebih dalam untuk lebih mengenal apa itu toko online.

3. Pembahasan
     Apa itu toko online (Online shopping)...?

     Toko Online atau umum dikenal sebagai e-commerce (Electronic Commerce), adalah tipe industri dimana penjualan dan pembelian produk atau layanan dilakukan secara sistem elektronik seperti Internet atau jaringan komputer lainnya. E-commerce menggunakan teknologi seperti Mobile Commerce, Transfer Dana Elektronik, Manajemen Stok, Internet Marketing, Proses Transaksi Online, Pertukaran Data Elektronik / Electronic Data Interchange (EDI), Manajemen Inventory, dan Manajemen Data System Otomatis. Sistem commerce moderm umumnya menggunakan World Wide Web (WWW) untuk siklus transaksinya, meskipun saat ini telah berkembang lebih jauh menuju teknologi seperti e-mail, perangkat mobile, social media dan telepon.
Toko Online retail memiliki form yang memungkinkan konsumen untuk secara langsung membeli produk atau layanan dari penjual melalui internet menggunakan web browser. Nama-nama yang digunakan selain e-commerce adalah :  e-web-store, e-shop, e-store, Internet shop, web-shop, web-store, online store, dan virtual store.

Toko Online umumnya berhubungan dengan hal-hal sebagai berikut:
  • Design
Website Toko Online harus memiliki design dan tampilan yang menarik untuk dapat memikat pengunjung agar membeli produk atau jasa yang kita jual. Design yang modern dan dinamis sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan dalam bisnis toko online. Dengan teknologi saat ini, design website sudah memiliki cakupan yang lebih luas lagi, dimana design harus mendukung berbagai perangkat online seperti Tablet, Smartphone, dan multi web browser.
  • Konsumen
Konsumen adalah pengunjung website yang tertarik dengan produk / jasa yang ditawarkan dan membelinya secara langsung melalui sistem transaksi online.
  • Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran adalah proses transaksi pembayaran dari konsumen ke penjual, dimana terdapat beberapa pilihan sistem yang berbeda-beda di masing-masing negara. Untuk sistem pembayaran di Indonesia umumnya menggunakan sistem Transfer Bank, sedangkan untuk sistem pembayaran e-commerce yang paling populer adalah menggunakan PayPal, selain itu sistem pembayaran juga dapat menggunakan Kartu Kredit dan beberapa jasa pembayaran online seperti WorldPay, 2Checkout.
  • Sistem Pengiriman
Barang yang dipesan oleh konsumen akan dikalkulasi berat serta tujuan pengiriman, disini akan muncul berapa biaya pengiriman yang harus ditanggung oleh pembeli, sistem pengiriman yang umum di Indonesia menggunakan ekspedisi seperti TIKI JNE, TIKINET, Pahala Kencana, sedangkan untuk internasional dapat menggunakan UPS atau FedEx
  • Sistem Belanja Online
Prosedur belanja online menggunakan sistem checkout, dimana barang yang telah dipilih akan dikelompokkan dalam satu keranjang belanja untuk dikalkulasi total nilai belanja, yang nantinya informasi ini akan dikirimkan ke penjual sebagai Order.

4. Kesimpulan 
    Kesimpulannya adalah kita dapat menggunakan toko online untuk berjualan dan membeli barang dengan mudah .

5. Referensi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
  • http://www.visigraphic.com/toko-online
Sekian apa yang dapat yang dapat saya sampaikan mengenai bahasan tentang Toko online. semoga bermanfaat .

Terimakasih, Wassalamualaikum wr.wb

Previous
Next Post »