SOP ( Standart OPerating Prosedures)

SOP ( Standart Operating Procedures)



BLC Telkom - KPLI Klaten

Assalamualaikum wr.wb
     Kali ini saya mendapatkan ilmu tentang SOP.. banyak teman - teman yang bellum mengetahui SOP . termasuk saya juga sebelumnya. tetapi saat saya di BLC Telkom - KPLI Klaten saya mendapat ilmu tersebut dari Sharing antar peserta Prakerin. Dan saat ini saya akan  me-ngesharenya untuk menambah pengetahuan teman - teman.

 1. Latar Belakang
        Proses pada suatu pekerjaan harus dirancang dan dikembangkan . Kesalahan prosedure dapat terjadi kapanpun bila suatu pekerjaan tidak dirancang dengan baik . kesalahan prosedure tersebut dapat menimbulka kecelakaan atau kerusakan . untuk itu perlu adanya dibuat suatu prosedur yang bersifat tetap dan standard. langkah kerja ini disebut SOP ( Standart Operating Prosedures) atau Protap (Prosedure tetap). Lembaga - lembaga besar telah memakai SOP untuk landasan kerjanya. Tidak hanya itu tetapi tempat - tempat prakerin juga menerapkan SOP.

2. Tujuan
        Memahami SOP agar Pelaksanaan kerja lebih tertata dan terancang dengan baik .

3. Langkah Kerja
  •  Apa itu SOP ...?  
         kumpulan peraturan yang dibuat untuk mempermudah tugas yang Anda kerjakan.
  • Apa Tujuan dan Fungsi SOP ...? 
      SOP sangat diperlukan oleh siapapun yang bekerja di kantor atanu perusahaan apapun.Penyusunan SOP setiap instansi tidak sama.
Sebab sebuah SOP dibuat dan disusun sesuai dengan jenis bidang dan profesinya. Setiap perusahaan, instansi dan lembaga memliki tujuan yang berbeda- beda. Untuk itu dibutuhkan SOP yang berbeda juga.

a. Dalam instansi pemerintahan, SOP berfungsi untuk memudahkan para pegawai pemerintahan tersebut bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya di instansinya masing – masing.
b. Dalam dunia perusahaan dan industri, SOP sangat dibutuhkan supaya setiap karyawan, kepala bagian dan pimpinan perusahaan tersebut mengetahui arah dan tujuan yang hendak dicapai

Namun, secara umum penyusunan sebuah Standart Operating Prosedur memiliki tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan pedoman, petunjuk, arahan secara umum dan khusus kepada sebuah lembaga, instansi atau perusahaan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
2. Menciptakan tekad yang kuat dan semangat kerja yang tinggi. Dengan adanya sebuah Standart Operating Prosedur (SOP) yang baik, maka setiap pegawai atau karyawan yang bekerja di perusahaan atau instansi akan memiliki kemauan yang kuat dalam menyelesaikan tugas – tugasnya.
3. Memperkecil kemungkinan perusahaan atau instansi mengalami SOP disusun supaya instansi atau perusahaan dapat terhindar dari kegagalan dan kebangkrutan.

Selain berbagai macam tujuan diatas, sebuah Standart Operating Prosedur juga memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Memperkecil kemungkinan pegawai melakukan
Dengan adanya SOP yang jelas, diharapkan setiap pekerja dan pegawai dapat melaksanakan tugasnya dengan benar dan terhindar dari kesalahan – kesalahan, baik kesalahan kecil terlebih lagi kesalahan fatal
2. Standart Operating Prosedur sebagai alat penilaian kerja seseorang
Seorang karyawan atau pegawai yang dapat bekerja sesuai dengan SOP menunjukan pegawai tersebut telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.


Referensi :
http://ahlipresentasi.com/pengertian-sop-apa-itu-sop-standard-operating-procedures/
 Sedikit goresan yang semoga bermanfaat untuk teman - teman.
Terimakasih
Wassalamualaikum wr. wb

Previous
Next Post »