Perbedaan Frontend dan Backend Developer

 Assalamualaikum wr.wb


Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan frontend dan backend Developer. Apakah itu? bagaimana dengan tugasnya ? mari kita simak artikel dibawah ini.

1. Latar Belakang
    Di dunia IT istilah front-end dan back-end sering sekali terdengar. Bagi para developer istilah dan maksud dari front-end dan back-end sudah tidak asing lagi. Namun, bagi orang yang tidak berada pada bidang IT, istilah tersebut sangat asing. sehingga banyak sekali untuk orang awam atau yang baru pertama kali menjadi programer yang tidak mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing terutama untuk para pelajar yang masih dalam tahap belajar.

2. Maksud Tujuan
     Mengetahui perbedaan tugas dan fungsi masing-masing dari frontend dan backend developer.

3. Pembahasan 
    Frontend developer
    Programmer yang lebih fokus pada tampilan luarnya (layout), jika kalian melihat web-web yang bagus layout/tampilanya itu biasanya dibuat oleh para front-end web developer untuk itu mereka harus bisa memahami beberapa bahasa programming diantaranya HTML, CSS, Javascript dan Jquery.

    Backend developer
     Programmer yang lebih fokus pada fungsi-fungsi dari website tersebut, misalnya membuat form registrasi, pembayaran dan lain sebagainya, karena itu mereka harus bisa memahami beberapa bahasa programming juga diantaranya php, sql, java dan lain sebagainya.

4. Kesimpulan 
    Kesimpulannya adalah programer memiliki dua perbedaan dan dua bagian yaitu orang yang bekerja atau mengerjakan bagian depan website /aplikasi berupa tampilannya atau layout dll. dan orang yang bekerja dibagian belakang website/aplikasi berupa sistem program,databasenya.

5. Referensi 
  • http://ngajarcss.blogspot.co.id/2013/03/perbedaan-back-end-dan-front-end.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Back_end
Sekian untuk pembahasan kali ini mengenai perbedaan frontend dan backend developer,semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman.
Terimkasih,Wassalamualaikum wr.wb
Previous
Next Post »