Tipe Data

BLC Telkom - KPLI Klaten
Assalamualaikum wr.wb
   Setelah mengetahui apa itu MySQL, mari kita lihat macam-macam tipe data dalam MySQL. Secara umum tipe data MySQL ada empat, yaitu numerik, string, date, & kelompok himpunan.

1. Latar Belakang 
    Bahasa pemprograman, merupakan adalah suatu komando atau perintah yang dibuat manusia untuk membuat komputer menjadi memiliki fungsi tertentu. bahasa pemrograman ini adalah suatu susunan aturan penulisan (sintaks) yang membentuk kode kode yang kemudian akan diterjemahkan oleh program kompiler menjadi bahasa rakitan (assembly) dan terus diolah hingga dimengerti oleh mesin. Komputer hanya mengerti bahasa mesin.
Pada suatu bahasa pemrograman umumnya telah menyediakan tipe – tipe data yang sederhana ( simple ) maupun yang terstruktur di setiap bahasa pemrograman.tipe data tersebut memililki krakteristik masing - masing sesuai dengan kegunaannya

2. Tujuan 
    Mengetahui berbagai macam tipe data yang digunakan untuk membuat database sesuai karakteristik dan fingsi masing - masing

3. Pembahasan
   Tipe data adalah klasifikasi data yang memberitahu compiler atau interpreter bagaimana programmer berniat untuk menggunakan data. Kebanyakan bahasa pemrograman mendukung berbagai jenis data, misalnya: nyata , bulat atau Boolean . Jenis data menyediakan seperangkat nilai-nilai yang merupakan ekspresi (yaitu variabel, fungsi ...) dapat mengambil nilai-nilainya. Jenis yang mendefinisikan operasi yang dapat dilakukan pada data, arti dari data, dan nilai-nilai cara tipe yang dapat disimpan.
  • Berikut Macam - macam tipe data :
A. Tipe Data Primitive merupakan tipe data yang mampu menyimpan satu nilai tiap satu variabel. Tipe data primitive merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program. Contoh tipe data primitive  adalah tipe numerik (integer dan real), tipe data karakter/char, tipe data boolean.

B. Tipe Data Composite merupakan tipe data yang dapat menampung banyak nilai, contoh : Array,record,image,datetime,object dll.

 1. Type numeric
     Digunakan untuk menyimpan data numeric

   -  INT
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -2.147.483.648 s/d 2.147.483.647. Tipe data ini mempunyai ukuruan 4 byte (32 bit).
    Contoh : TOTAL_MAHASISWA INT;

   - TINYINT
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -128 s/d 127. Tipe data ini mempunyai ukuran 1 byte (8 bit)

   - SMALLINT
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -32.768 s/d 32.767. Tipe data ini mempunyai ukuran 2 byte (16 bit)

   - MEDIUMINT
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -8.388.608 s/d 8.388.607. Tipe data ini mempunyai ukuran 3 byte (24 bit)

    - BIGINT
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -8.388.608 s/d 8.388.607. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit)

    - FLOAT
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif presisi tunggal. Tipe data ini mempunyai ukuran 4 byte (32 bit).

    - DOUBLE
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dannegatif presisi ganda. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit).

    - DECIMAL
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif presisi ganda. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit).

   - REAL
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit).

   - NUMERIC
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit).

 2. Tipe Data Date & Time
      Tipe Data Date & Time pada database MySQL terbagi atas beberapa macam tipe data, yaitu:

    DATE
    Digunakan untuk meyimpan data tanggal dalam format YY:MM:DD

    - DATETIME
    Digunakan untuk menyimpan data tanggal dan waktu dalam format YY:MM:DD HH:MM:SS

    - TIME
    Digunakan untuk menyimpan data waktu dalam format HH:MM:SS

   - YEAR
    Digunakan untuk menyimpan data tahun.

 3. Tipe Data String 
      Tipe Data String pada database MySQL terbagi atas beberapa macam tipe data, yaitu:

   - CHAR
    Digunakan untuk menyimpan data karakter/string dengan ukuran tetap. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 255 karakter.

   - VARCHAR
    Digunakan untuk menyimpan data karakter/string dengan ukuran dinamis. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 255 untuk MySQL versi 4.1. Dan mempunyai jangkauan antara 0 s/d 65.535 untuk MySQL versi 5.0.3

   - BLOB
    BLOB (Binary Large Object) adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan data biner seperti files, images, suara, dll. Tipe data ini mempunyai jangkauan 216-1 byte.

   - TINYBLOB
    Digunakan untuk menyimpan data biner seperti file, image, dan suara. Tipe data ini mempunyai jangkauan 255 byte.

   - MEDIUMBLOB
    Digunakan untuk menyimpan data biner seperti file, image, dan suara. Tipe data ini mempunyai jangkauan 244-1 byte.

   - LONGBLOB
    Digunakan untuk menyimpan data biner seperti file, image, dan suara. Tipe data ini mempunyai jangkauan 232-1 byte

   - TEXT
    Digunakan untuk meyimpan data text. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 65.535 (216-1) karakter.

   - TINYTEXT
    Digunakan untuk meyimpan data text. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 s/d 255 untuk MySQL versi 4.0, dan mempunyai jangkauan antara 0 s/d 65.535 untuk MySQL versi 5.0.3

   - MEDIUMTEXT
    Digunakan untuk meyimpan data text. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 224-1 karakter

   - LONGTEXT
    Digunakan untuk meyimpan data text. Tipe data ini mempunyai jangkauan
    antara 0 sampai dengan 232-1 karakter

   - ENUM
    Digunakan untuk menyimpan data enumerasi (kumpulan data)

   - SET
    Digunakan untuk menyimpan data himpunan data.

4. Kesimpulan  
     Dari bahasan diatas dapat disimpulkan bahwa tipe data yang biasa kita gunakan untuk melengkapi dan membuat databases tersebut merupakan komponen yang sangat penting. Yaitu digunakan untuk menentukan konversi data yang seperti apa yang kita butuhkan.sesuai dengan apa yang kita buat .

5. Referensi 
  • http://naura-lab.blogspot.co.id/2014/12/mengenal-tipe-data-di-mysql.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Tipe_data 
Sekian apa yang dapat saya sampaikan , semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan teman - teman, Terimakasih, Wassalamualaikum wr.wb
Previous
Next Post »