Belajar HTML part1 - Mengenal HTML



 

Belajar HTML Dasar PART 1

                                                                                                                                       PART 3.1
Third day________________________________________________________________________
BLC Telkom - KPLI Klaten 

Kali ini yang akan kita bahas adalah HTML Dasar, HTML dasar Apa itu HTML, Untuk apa,dan Struktur sederhana.nya seperti apa dan perintah - perintah yang dituliskan pada script dan keterangannya .

 
1.Latar Belakang 
       
       Web merupakan media untuk menampilkan halaman. Web terbagi menjadi dua yaitu web statis dan web dinamis. Web statis adalah media untuk menampilkan halaman statis atau tetap , tetapi yang mengatur nya adalah web browser. Contoh teknologi yang berkaitan dengan web statis adalah Client Side seperti HTML, Java script. untuk mampu membuat sebuah halaman web kita membutuhkan adanya kode - kode sebagai perumus halamannya dan kode tersebut terdapat beberapa bahasa seperti HTML,PHP, JAVA SCRIPT dll.
2.Alat & Bahan   
  • Laptop / Komputer 
3.Tujuan 
     Untuk Mengetahui bahasa HTML agar mampu membuat sebuah Halaman Web. kemudian mempermudah dalam pembelajaran. Hal ini telah memudahkan bagi pelajar yang mempelajari tentang HTML ini karena sudah dikelompokkan sesuai dengan bahasannya. Tetapi disamping itu kita harus rajin berlatih terus mencoba membuat web, baik yang statis ataupun dinamis.      

4.Tahap Pelaksanaan 
    Sebelum kita banyak mengetahui Script - script HTML akan lebih baiknya kita membahas dulu tentang HTML dengan lebih bnayak lagi untuk menambah pengetahuan kita. 
  • Kita bahas dulu sebenarnya apa itu HTML dan HTML5...?? 
*HTML
      Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
Sumber : wikipedia.w3school

 * HTML5
         HTML5 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari Waring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997[1]) dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.
HTML5 merupakan salah satu karya Konsortium Waring Wera Wanua (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web.

  Sumber : wikipedia.w3school

Mendesain HTML dapat dilakukan dengan dua cara:
  1. Menggunakan HTML Editor, seperti Microsoft FrontPage, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain.
  2. Dengan cara menuliskan sendiri secara manual satu persatu tag-tag HTML ke dalam dokumen HTML.
 Kegunaan HTML : 
  • Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
  • Membuat Link
  • Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
  • Membuat form interaktif.
Struktur Dasar Dokumen HTML
     Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan. Struktur dasar dokumen HTML(Tag, Element, Attribute), Element HTML, Element HEAD, Element TITLE, Element BODY. Secara sederhana HTML terdiri dari dua bagian yaitu Header dan Body. Struktur HTML diapit oleh tag awal <HTML> dan tag akhir </HTML>. Standar penulisannya adalah:

  <HTML>
  <HEAD>
  Deskrisi dokumen
  </HEAD>
  <BODY>
  Isi dokumen
  </BODY>
  </HTML>

   Keterangan :
  • <html>...</html>  : bertujuan untuk mendefinisikan sebuah dokumen HTML.
  • <head>...</head> : bertujuan untuk memberikan informasi tentang dokumen.
  • <title>...</title>    : bertujuan untuk memberikan judul header di atas dokumen.
  • <body>...</body> : bertujuan untuk memasukan isi halaman yang terlihat di web browser.
 Kemudian :Jangan lupa saat saving harus ".html", kalau sudah selesai tinggal di save dengan cara ctrl + s atau klik file lalu klik save as.
 
5.Kesimpulan
     Dalam pembuatan website, dikenal dua komponen penting yaitu www dan HTML. Dimana www merupakan suatu protokol standar dari internet, sedangkan HTML merupakan script atau program standar yang dijalankan oleh www atau internet. Proyek HTML ini dibuat dengan menggunakan media web editor notepad.
 jadi HTML merupakan dasar yang sangat psintaks atenting untuk mempelajari semua kode yang diguanakan untuk membuat program 
 
6.Daftar Pustaka
 http://bisnisonlinetop1.blogspot.co.id/2011/05/belajar-html-dasar-i.html
http://w3school.in/w3schools/html-tutorial/
  
      Terimakasih semoga Halaman ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan teman - teman . kunjungi Blog risanurhaeni03skansa.blogspot.co.id untuk sedikit menambah pengetahuan lain tentang IT.


Previous
Next Post »